Beranda » TEKNOLOGI » tugas sistem operasi

tugas sistem operasi

TUGAS 1

  • Uraikan secara mendasar sistem operasi berikut ini :

1. Windows
2. Linux
3. Machintosh
4. Dos
5. Android

Sistem operasi merupakan sebuah software yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen hardware serta operasi-operasi dasar yang ada pada sistem, termasuk menajalankan program-program yang ada. Sistem operasi dapat juga dikatakan sebagai penghubung antar user komputer dan hardware komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital.
Adapun perbedaan pada sistem-sistem operasi :

1. Windows
Microsoft windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak digunakan oleh user didunia. Awal mula munculnya windows yaitu dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis oleh TIM Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan pada tahun 1981 diganti nama menjadi MS-DOS. Dan sekarang perkembangan windows mengalami perubahan yang signifikan dari awal mula munculnya windows. Adapun keunggulan dan kelemahannya adalah sebagai berikut :

Keunggulan windows :
• Sistem operasi yang user-friendly.
• Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.
• Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengansistem operasi yang lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secaya bebas terhadap semua objek tertentu.
• Mendukung system berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga iso9660.
• Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.
Kelemahan windows :
• Mudah sekali tertular virus.
• Harga lisensi terlau sulit dan dijangkau oleh user secara keseluruhan
• Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar terlalau rendah.

2. L I N U X

Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.
Linux mempunyai mempunyai pendistribusian yang memaketkan kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi system operasi yang berbasis linux yang sering disebut distro linux. Ada beberapa distro linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackeware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya. Adapun keunggulan dan kelebihan lainnya adalah sebegai berikut :

Keunggulan Linux :
• Sistem operasi yang tahan tertular virus.
• Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman.
• Linux juga sangat baik digunakan untuk jaringan.
• Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
• Linux adalah sistem operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.
• Linux mempunyai bahasa scripting yang sangat kuat, sehingga memberi kekuatan yang besar pada sistem administrator.
• Di Linux kita bisa memutar musik, menonton film/video dan menjalankan software secara bersamaan dengan lancar tanpa mengurangi kerja salah satunya
Kelemahan linux :
• Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di linux.
• Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.
• Banyak orang beranggapan Linux adalah system operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul.

3. MACHINTOSH

Mac OS adalah OS yang di keluarkan oleh Apple Inc untuk sistem komputer Machintos. Mac OS di populerkan oleh Graphical User Interfacenya yang interaktif dan menarik. Tidak seperti Linux, Mac OS bukan lah open source dan hanya bisa berjalan pada komputer berarsitektur Apple. Mac OS di bagi dalam dua kategori, yang pertama adalah Mac OS klasik Sistem yang di keluarkan Apple pada tahun 1984 sampai versi Mac Os 9. Dan Mac OS X yang menjadi versi yang terbaru. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki system operasi Mac OS ini adalah sebagai berikut :

Keunggulan Macintosh :
• Lebih stabil karena menggunakan UNIX
• Multitasking
• Bisa mengenal file format windows
• Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
• Dokumen – dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
• Jarang terkena virus
• Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
• Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
• Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.

Kelemahan Macintosh :
• Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal
• Hanya cocok untuk graphic designer
• Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
• Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
• Software di Mac OS tidak begitu lengkap
• Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

4. D O S

DOS adalah (merupakan) sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI.
Keunggulan DOS :
1. DOS menampilkan program yang lebih “realistis” dibandingkan windows karena beberapa command dari windows itu sendiri mengadaptasi dari DOS (misalkan command virus untuk menyembunyikan attribut)
2. Dapat lebih mudah membuat folder bersama subfolder nya.
3. Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di hidden.
4. Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI (Graphic Unit Interface).

Kekurangan Ms DOS :
1. DOS ngga GUI jadi otomatis lebih ribet, karena pakai Command Line Interface
2. Windows yang sekarang (NT Tech) tidak begitu kompatibel dengan program DOS, sebagai buktinya, kalo agan jalanin program DOS tanpa lewat CMD, langsung ditutup sama Windowsnya
3. Resiko Kehilangan file lebih besar jika kita sedang ceroboh atau tidak fokus.
4. Pengoperasiannya masih berbasis teks.

5. ANDROID

Android adalah sistem operasi Mobile Phone berbasiskan Linux. Android bersifat open source yang source codenya diberikan secara gratis bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka agar dapat berjalan di Android.

Keunggulan Android :
1. Open Source
Ibarat sistem operasi dekstop, android adalah linux untuk smartphone dan tablet….
Android merupakan sistem operasi yang berbasis kernel linux. Android adalah sistem operasi terbuka(open source) yang artinya google merilis source code android secara gratis untuk memudahkan para pengembang aplikasi membuat aplikasi untuk android, oleh sebab itu tak heran jika google market dalam waktu singkat sudah memiliki ribuan aplikasi baik itu gratis maupun berbayar.
2. Serius Mengembangkan Sistem
Salah satu kelebihan android adalah keseriusan google dalam mengembangkan sistem ini.
Terbukti saat ini android sudah sampai pada versi 4.1 (jelly bean) dan terjadi perubahan yang cukup signifikan, baik itu performan teknis maupun user intefacenya.
3. Ketersediaan Aplikasi Yang Berkualitas
Karena android bersifat open source, para programmer dan pengembang aplikasi dapat membuat software dengan mudah karena tidak perlu berhadapan dengan prosedur seperti pada OS berbayar. Oleh karena itu aplikasi buatan mereka bebas didistribuskan dengan lisensi open source, shareware atau bahkan free ware.
4. Keberagaman Pilihan Perangkat
Salah satu kelebihan android adalah keberagaman perangkat yang dapat dipilih sendiri oleh konsumen, baik itu perangkat lokal maupun perangkat non lokal.
Oleh karena itu anda dapat memilih produk android yang cocok untuk anda pakai, karena fitur yang diberikan masing” vendor berbeda walaupun sistem operasinya sama.
5. Harga Terjangkau
Keberagaman pilihan produk android menciptakan persaingan dagang yang kuat di antara para vendor. Ini merangsang para vendor untuk menciptakan produk low-end sampai high-end. Sehingga membuat hp android dapat di cicipi oleh semua kalangan.
6. Bebas Custom ROMRom adalah singkatan dari Read Only Memory. Custom ROM dalam android biasa disebut Rooting.
Banyak orang berpendapat bahwa rooting adalah sesuatu sejenis cracking, padahal Rooting adalah sesuatu yang legal dalam android, Rooting adalah menggunakan hak super user untuk melakukan sesuatu yang dibatasi oleh sistem, para pengguna linux pasti tau apa itu root. Kalau pada windows hal ini disebut Administrator.
7. Terkoneksi Dengan Seluruh Layanan Google Bagi anda yang sudah familiar dengan layanan google, saya rasa android merupakan pilihan yang tepat. Karena anda dapat terhubung dengan seluruh layanan google seperti blogger, google maps, gmail, talk dan lain-lain.

Kelemahan Android :
1. Boros Baterai
Handset Android terkenal boros baterai, hal ini maklum karena efek dari banyaknya fitur android, terutama Fitur 3G, Maps dan GPS. Sebenarnya hampir setiap smartphone juga boros baterai, jika ingin hemat, matikan fitur yang tidak perlu.
2. Tidak Mendukung JAVA
Bahasa pemrograman untuk membuat program di Android adalah java, namun Java yang dipakai tidak kompatibel dengan J2ME, hal ini dikarenakan Android hanya “meminjam” bahasa nya saja , namun library dan user interfacenya berbeda, bagi programmer J2ME yang ingin membuat program Android terpaksa harus belajar lagi dari awal dan bagi user, maka aplikasi kesukaannya tidak akan berjalan di Android
3. Terlalu Google Centric
Android adalah produk open source dari Google dan Open Handset Aliance, itulah mengapa aplikasi yang ada di Android sangat menyatu dengan layanan Google, sebut saja Email menggunakan GMail, Calendar menggunakan Google Calendar, bahkan sampai Contact pun disimpan di Gmail Contact. Bagi fans Google ini merupakan keunggulan sendiri, namun bagi pengguna yang tidak familiar dengan produk Google (Misal orang yang baru pindah dari Windows Mobile atau Symbian) hal ini cukup merepotkan karena mereka harus menyesuaikan kebiasaannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s